Panduan Buat Website Toko Online Lengkap

Buat Website Toko Online
Buat Website Toko Online

Panduan cara buat website toko online adalah salah satu informasi yang terbilang cukup banyak ditelusuri di mesin pencari, khususnya oleh para mereka yang berniat membangun bisnis online.

Seperti yang diketahui bahwa toko online saat ini menjadi salah satu media berjualan yang semakin populer. Melalui toko online, anda akan dapat mempromosikan atau menjelaskan produk bisnis anda dengan lebih efektif serta mudah. Selain itu, dibandingkan dengan membangun toko fisik (menyewa/membeli toko), membuat toko online terbilang lebih murah dan mudah dilakukan oleh siapapun.

Khusus untuk anda yang termasuk salah satu yang ingin membuat toko online anda sendiri. Pada ulasan kali ini, kami telah menyiapkan panduan buat website toko online mudah yang dapat anda ikuti untuk membangun toko online impian anda. Penasaran?

Langsung saja, simak panduan pembuatannya di bawah ini.

Persiapan Untuk Membuat Toko Online

Sebelum masuk ke proses buat website toko online, terdapat beberapa hal penting yang sebaiknya anda perhatikan. Adapun beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  • Produk yang akan dijual – Pastikan anda melakukan riset produk yang akan anda jual sebelum buat website toko online. Misalnya, anda memiliki ide jualan makanan online, pastikan anda melakukan riset tentang jenis makanan yang sedang viral atau memiliki peluang pasar yang baik.
  • Riset referensi toko online – sebelum mulai dalam pembuatan dan pengembangan toko online, disarankan agar anda mencari terlebih dahulu inspirasi atau contoh toko online yang dapat menarik banyak audiens. Anda dapat menjadi desain toko tersebut sebagai landasan desain toko online anda.
  • Cari domain dan hosting terbaik – Disarankan untuk anda agar mencari nama domain yang eye catching dan mudah diingat untuk toko online anda. Selain itu, temukan hosting terbaik yang nantinya akan mendukung performa website anda.
  • Strategi promosi – Persiapkan juga strategi marketing yang nantinya akan anda gunakan untuk memasarkan produk dan website toko online. Hal ini sebaiknya anda lakukan di awal, demi dapat memperkirakan jumlah budget marketing yang nantinya akan anda alokasikan.

Tutorial Buat Website Toko Online

Setelah mempersiapkan beberapa penting sebelumnya, anda dapat melanjutkan beberapa langkah berikut untuk memulai proses buat website toko online anda.

1. Membeli Nama Domain dan Hosting

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat toko online anda sendiri adalah dengan membeli domain dan berlangganan web hosting.

Saat ini sendiri, terdapat banyak layanan penyedia hosting yang menawarkan paket pembelian domain dan juga hosting untuk keperluan pembuatan website. Anda dapat memilih salah satu jasa penyedia hosting bereputasi baik sebagai pilihan anda, seperti hostinger atau domainesia.

2. Install WordPress

Setelah melakukan pembelian domain dan berlangganan hosting, anda dapat lanjut ke tahap berikutnya yakni menginstall wordpress. WordPress sendiri adalah salah satu platform CMS yang paling banyak digunakan untuk blog dan website, termasuk toko online. 

Sejumlah penyedia hosting menawarkan paket layanan tambahan untuk penginstalan wordpress maupun CMS lain, beberapa bersifat gratis, namun tidak sedikit juga yang berbayar. Anda dapat menginstall wordpress ini melalui akses cpanel yang diberikan oleh penyedia hosting dimana anda berlangganan.

3. Login ke WordPress 

Setelah selesai menginstall WordPress ke website anda, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah login ke akun WordPress anda menggunakan username yang password yang didaftarkan pada saat instalasi sebelumnya. Anda dapat login ke wordpress website anda melalui namasitusanda.com/wp-admin.

image

4. Membuat Halaman 

Jika anda telah sukses login ke akun wordpress anda, membuat halaman menjadi misi selanjutnya yang harus anda lakukan. Dalam hal ini, anda harus membuat sejumlah halaman utama dari website toko online anda. Adapun beberapa contoh halaman utama yang dimaksud meliputi beranda, tentang kami (about us), kontak, produk, informasi pengiriman, bantuan pelanggan, blog dan masih banyak lagi.

Keberadaan halaman ini akan menjadi pusat informasi yang mempermudah pengunjung untuk melakukan eksplorasi di website toko online anda.

Untuk membuat halaman di website toko online ini, anda dapat membuka menu Pages > Add New > Lengkapi judul dan konten untuk halaman yang anda buat > tekan Publish untuk menerbitkan halaman.

image 6

5. Menginstal Plugin WooCommerce

Langkah selanjutnya dalam proses buat website toko online adalah menginstal plugin WooCommerce. WooCommerce ini sendiri adalah salah satu plugin wordpress yang menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk toko online. Terdapat banyak contoh website toko online, seperti Wakami, Blue Star Coffee Roasters dan Taylor Swift Store yang menggunakan plugin toko online yang satu ini.

Untuk menginstall plugin WooCommerce ini sendiri dapat dikatakan cukup mudah, dimana anda hanya perlu mengunjungi menu Plugins > Add New > mengetik Woocommerce > Setelah plugin muncul > Klik install > Klik aktifkan.

Saat mengaktifkan plugin ini, anda akan diminta untuk memasukkan sejumlah informasi tertentu terkait dengan toko online anda, seperti alamat toko, pembayaran, mata uang yang digunakan, tipe produk yang dijual dan lainnya. Lengkapilah informasi tersebut dengan informasi yang sesuai dengan toko online yang ingin anda bangun.

Sebagai catatan, default bahasa dari plugin WooCommerce ini adalah bahasa Inggris. Jika anda ingin menggunakan bahasa Indonesia untuk toko online anda, anda dapat mengganti bahasa woocommerce ke bahasa Indonesia dengan mengikuti panduan kami pada postingan sebelumnya.

image 1

6. Kustomisasi Toko Online 

Untuk menyempurnakan desain website toko online, anda dapat melakukan kustomisasi melalui opsi yang tersedia di menu tema WordPress. Dalam hal ini, anda dapat mengganti tema website toko online yang anda inginkan.

Dikarenakan plugin woocommerce termasuk plugin yang sangat populer, sebagian besar tema website untuk toko online ini telah kompatibel dengan plugin ini. Namun kami sendiri, menyarankan agar anda mencoba tema website yang disarankan WooCommerce, yaitu tema gratis Storefront.

image 3

7. Mulai Tambahkan Produk

Jika anda telah selesai melakukan kustomisasi tema untuk website toko online anda, anda dapat melanjutkan dengan menambahkan produk produk yang ingin anda promosikan. Adapun caranya sendiri cukup mudah, yakni dengan membuka opsi Products di dashboard admin wordpress> Add New.

Lengkapi judul produk dan copywriting untuk produk anda. Selanjutnya, scroll ke bawah untuk menemukan section untuk penambahan harga produk dan deskripsi produk. Terdapat juga opsi yang memungkinkan anda untuk menambahkan gambar atau membuat galeri gambar produk anda.

image 4

Tips Membuat Toko Online

Melansir penjelasan dari Dedi Ariko, founder dari Garuda Website, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses buat website toko online, yang terbagi dalam 2 bagian yakni sebelum website go online dan sesudah website go online. 

Sebelum Website Go Online

Sebelum website sepenuhnya go online, berikut adalah beberapa hal yang disarankan untuk diperhatikan.

1. Landing Page “Coming Soon”

Meskipun website anda belum sebelumnya online, namun landing page coming soon dapat menjadi sarana untuk mendatangkan traffic. Bahkan melalui landing page coming soon ini juga dapat membantu anda mengumpulkan database email target marketing untuk toko online lainnya.

Untuk pastikan untuk menyediakan landing page “coming soon” ini sebagai bagian dari rencana pengembangan website toko online. Pembuatan landing page ini sendiri cukup sederhana.

Terdapat beberapa plugin yang memungkinkan anda untuk membuat landing page “coming soon” dengan cepat. Salah satu yang paling populer adalah Minimal Coming Soon & Maintenance Mode.

Khusus untuk plugin ini, adapun cara penggunaanya termasuk mudah, dimana anda hanya perlu membuka setting dari plugin ini> pilih maintenance mode > Basic > atur dan masukkan informasi yang dibutuhkan.

Selanjutnya, plugin ini akan membuat halaman landing page “coming soon” yang akan menjadi halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung setiap kali mengunjungi website toko online anda (selama plugin diaktifkan).

image 2

2. Manfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Traffic

Sebelum website toko online anda go online sepenuhnya, anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan direct traffic. Terkait dengan hal ini, tentunya anda harus terlebih dahulu membuat akun media sosial untuk toko online anda. Salah satu platform media sosial populer yang dapat anda manfaatkan adalah instagram.

Anda dapat membuat akun instagram untuk toko online anda dan menaruh link website toko online anda di bagian profil akun toko online anda. Selanjutnya, anda dapat mengupload sejumlah konten yang menawarkan keuntungan jika berbelanja atau bergabung sebagai member sebelum toko online anda mulai go online. Misalnya, seperti diskon 10% untuk setiap produk saat grand opening untuk 100 member pertama.

Setelah Website Go Online

Jika website toko online anda telah go online, promosi menjadi misi lain yang harus anda selesaikan. Terdapat banyak strategi dan tips promosi online yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan website toko online baru. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Strategi Promosi Awal

Setelah menyelesaikan proses buat website toko online, strategi promosi awal yang paling potensial untuk toko online baru adalah email marketing dan juga media sosial marketing.

Untuk bagian ini, anda dapat memanfaatkan database email calon target marketing yang anda miliki atau yang anda dapatkan dari landing page “coming soon” sebelumnya.

Kirimkan email marketing dengan intensi mengabarkan bahwa website toko online anda telah go online sepenuhnya dapat diakses. Tawarkan juga sejumlah elemen daya tarik seperti diskon, free ongkir dan lainnya pada email yang anda kirim.

Selain itu, buat juga konten menarik di media sosial toko online anda yang menginformasi audiens bahwa toko online anda telah dapat diakses. Sama seperti sebelumnya, berikan penawaran spesial untuk member baru sebagai daya tarik website toko online anda.

2. Menggunakan Jasa Influencer

Menggunakan jasa influencer atau influencer marketing juga adalah salah satu strategi mumpuni untuk mempromosikan website toko online yang terbilang baru. Cukup banyak brand dan toko online yang menggunakan strategi marketing ini dan sukse mendulang traffic dan lead generation.

Salah satunya adalah brand Skinny Me Tea, brand tea detox yang mendapatkan popularitas berkat exposure dari sejumlah influencer dan selebriti, seperti Cardi B dan Kylie Jenner.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sejumlah jasa influencer untuk mempromosikan toko online anda. Namun dalam hal ini, disarankan untuk memiliki influencer yang sesuai dengan niche toko online anda.

Misalnya, jika anda buat website toko online yang menjual produk perlengkapan olahraga, maka anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer yang dikenal akrab dengan kegiatan olahraga (suka berolahraga).

Untuk biaya penerapan strategi marketing ini, anda dapat menyesuaikan influencer yang mempromosikan website anda dengan budget marketing yang anda miliki. Jika budget marketing anda terbilang kecil, pertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer di luar selebritis untuk menekan dana.

3. Lakukan Promosi di Media Sosial

Untuk membangun brand awareness dan juga mendapatkan traffic ke website toko online, melakukan promosi di media sosial adalah salah satu cara yang paling ampuh.

Dengan jumlah pengguna media sosial yang sangat besar hari ini, anda dapat menggunakan platform media sosial populer seperti instagram, facebook, twitter dan pinterest untuk memperkenalkan produk dan brand toko online anda.

Buatlah konten dan copywriting yang potensial untuk menarik perhatian audiens anda untuk mengunjungi toko online anda. Sebagai referensi, anda dapat membaca tentang cara mendapatkan audiens dari berbagai media sosial yang ditulis oleh Neil Patel.

4. Gunakan Iklan Online

Menggunakan iklan online adalah opsi lainnya yang dapat anda gunakan untuk meningkatan performa toko online anda dikenal luas dalam jangka waktu tidak terlalu lama. Salah satu bentuk iklan online (advertising) yang paling banyak digunakan hari ini sendiri adalah PPC (Pay Per Click) seperti layanan Google Adwords dan Facebook Ads.

Layanan iklan online ini sendiri menjangkau audiens nya melalui keyword. Sehingga dengan keyword yang tepat, maka iklan anda akan mendapatkan trafik kunjungan dan lead generation tinggi. Selain jangkauan yang luas, biaya iklan online sendiri dapat disesuaikan dengan budget marketing anda (fleksibel).

Jika anda belum terlalu familiar dengan iklan online ini, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa iklan online tertentu seperti jasa iklan facebook atau jasa iklan google untuk membantu anda.

5. Susun Strategi Konten Jangka Panjang

Website toko online memang lebih identik dengan kegiatan jual beli produk. Namun hal ini, bukan berarti bahwa website toko online anda tidak membutuhkan konten. 

Keberadaan konten dapat menjadi pengantar yang meningkatkan peringkat toko online di pencarian internet dan meningkatkan jumlah trafik kunjungan. Dalam hal ini, membuat blog adalah salah satu strategi konten jangka panjang yang dapat anda pertimbangkan.

Anda dapat membuat konten artikel dengan keyword yang relevan dengan niche website toko online anda untuk mendapatkan link juice guna meningkatkan peringkat website ada. Sebagai contoh:

Misalnya, salah satu produk yang tersedia di toko online anda adalah sepatu lokal murah dibawah 200 ribuan, maka anda dapat membuat konten artikel blog tentang rekomendasi sepatu lokal murah dan kemudian menautkan link ke halaman produk sepatu anda. Dengan menerapkan hal ini, maka peringkat halaman produk sepatu anda kemungkinan besar akan meningkat di pencarian mesin pencari.

6. Terapkan SEO yang Baik

SEO (Search Engine Optimization) termasuk hal yang sangat diperhatikan saat membangun sebuah website, termasuk toko online. SEO sendiri adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas suatu website untuk di mata mesin pencari, sehingga berpotensi mendapatkan peringkat di halaman pertama pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang anda targetkan.

Singkatnya, dengan menerapkan SEO ini, maka website toko online anda akan dapat mendapatkan peringkat untuk kata kunci bisnis yang anda targetkan. Optimasi SEO sendiri terbagi atas 2 jenis berbeda, yakni SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page adalah jenis optimasi SEO yang berfokus pada konten dan html source code, seperti title tag, header tag, alternatif text dan meta description. Dengan mengoptimasi konten pada halaman website ini, maka hal tersebut akan mempermudah web crawler untuk melakukan crawling dan mengindeks halaman website anda.

Adapun hal yang termasuk dalam bagian SEO On Page ini adalah meliputi:

  • Mengoptimasi Nilai EAT
  • Optimasi keyword konten
  • Menambahkan Title Tag 
  • Mengoptimasi Header Tag
  • Optimasi Gambar (penambahan image alt text)
  • Meta description

SEO Off page adalah jenis SEO di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Optimasi SEO ini sendiri mencakup beberapa hal yaitu:

  • Link building (pembangunan backlink)
  • Social media marketing
  • Promosi melalui forum

Jika anda termasuk masih awam untuk bagian optimasi SEO ini, menggunakan jasa SEO dapat menjadi pilihan instan untuk anda coba. Jasa SEO akan membantu anda memperbaiki kualitas SEO dari website toko online anda dalam kurun waktu tertentu (biasanya 6 bulanan).

Keberhasilan jasa SEO sendiri dapat dilihat dari beberapa faktor, seperti trafik kunjungan, indeks KPI dan peringkat untuk kata kunci bisnis yang ditargetkan.

Cara Membuat Website Toko Online Gratis

Jika bicara mengenai buat website toko online dengan tampilan profesional, umumnya anda tentu harus merogoh kocek dalam jumlah tertentu, entah itu biaya domain, hosting ataupun plugin premium tertentu. 

Namun jika anda membuat website toko online gratis, terdapat opsi lainnya yang dapat anda gunakan, yakni dengan memanfaatkan platform blog yang menyediakan layanan gratis seperti blogger, wix.com, weebly.com dan lainnya.

1. Cara Membuat Toko Online di Blogger

image 7

Blogger adalah salah satu platform blogging gratis yang dibesut oleh Google dan dapat digunakan secara gratis. Bukan hanya untuk kegiatan blogging biasa, blogger juga dapat diperuntukan untuk toko online. Jika Anda memilki budget kecil bisa menggunakan Shared Hosting.

Adapun cara membuat toko online di blogger ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Login ke akun blogger anda (menggunakan email)
  • Buat blog anda (create a new blog) menggunakan nama bisnis yang bagus dan artinya
  • Lengkapi judul blog dengan nama toko online anda dan url blog and.
  • Klik buat blog/create blog untuk memproses blog.

Setelah blog berhasil dibuat, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan tema blogger anda agar memiliki tampilan seperti toko online. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Download tema blogger mobile friendly yang sesuai dengan toko online, misalnya SmartBiz.
  • Jika file template yang diunduh berformat RAR, extract file hingga muncul file dengan ekstensi file xml.
  • pasang tema blog melalui menu tema>backup/restore>choose file> dan pilih open untuk memasang > klik upload.
  • Tunggu proses selesai. Jika proses gagal atau error, ulangi proses sebelumnya.

Setelahnya, tampilan blogger anda telah menyerupai toko online. Sisanya, anda hanya perlu menyesuaikan konten dan halaman di blogger anda. Sebagai platform blogging sendiri, blogger memiliki sejumlah keunggulannya sendiri yang membuatnya masih populer hingga hari ini. Adapun beberapa contohnya adalah:

  • Platform blogger mudah digunakan dan gratis
  • Blogger menyediakan berbagai pilihan template dan widget untuk mempercantik tampilan blog
  • Blogger terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Adsense, Analytics, dan Drive
  • Blogger mendukung fitur SEO dan mobile-friendly untuk meningkatkan trafik dan pengunjung.

2. Cara Buat Website Toko Online Gratis di Wix.com

image 5

Wix.com termasuk salah satu platform website yang tengah naik daun hari ini. Platform ini menyediakan layanan instant yang memungkinkan anda untuk membuat website dengan look profesional dalam waktu singkat, secara gratis maupun berbayar.

Platform ini juga menyediakan berbagai template website sesuai dengan tujuan pembuatannya. Jika anda ingin membuat website toko online gratis di wix.com, anda dapat mengikuti panduan singkat berikut ini.

  • Buat akun di wix.cpm
  • Pilih jenis website yang ingin anda bangun (pilih layanan gratis)
  • Pilih template website yang sesuai dengan toko online yang ingin anda buat.
  • Atur tampilan website anda; melalui fitur menus & pages, background, add, theme manager, media dan lainnya.

Setelah menyelesaikan tahapan di atas, anda dapat menambahkan konten pada website anda sebelum menerbitkannya. Sama halnya dengan blogger, sebagai platform cms, wix.com juga memiliki sejumlah keunggulannya tersendiri, yaitu meliputi:

  • Anda dapat memilih dari 800+ template situs web yang didesain secara profesional dan disesuaikan dengan berbagai industri.
  • Anda dapat mendesain situs web Anda dengan kebebasan total menggunakan editor drag and drop yang mudah digunakan.
  • Anda dapat menambahkan fitur canggih seperti toko online, blog, sistem pemesanan, dan lainnya dengan mudah.
  • Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari dengan bantuan alat SEO bawaan.

3. Cara Buat Website Toko Online Gratis di Weebly

image 8

Selain Wix.com, weebly.com juga sering menjadi alternatif untuk membuat website toko online gratisan. Weebly.com sendiri menyediakan banyak fitur yang mempermudah penggunanya untuk membuat website secara instant, baik berbayar maupun gratis. Salah satu yang cukup stand out adalah fitur bernama “store”, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat sejumlah halaman penting dalam toko online, seperti halaman pemesanan online, kupon, produk dan lainnya.

Untuk membuat website toko online di weebly.com ini, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buat akun di weebly
  • Pilih jenis website dan tema yang diinginkan
  • Pilih nama domain untuk toko online anda(pilih yang gratis)
  • Sesuaikan desain toko online
  • Aktifkan fitur Store (untuk membuat halaman penting di toko online)
  • Tambahkan halaman untuk website toko online 
  • Atur setting website (site title, category, ssl, favicon, password dan site formatting)
  • Lengkapi konten dan kemudian publish website.

Semua layanan di atas memungkinkan anda membuat website toko online gratis sederhana. Namun jenis website toko online gratisan seperti umumnya dapat menimbulkan masalah kredibilitas. Sehingga calon pembeli anda akan ragu untuk berbelanja di toko online anda. 

Untuk itu,kami tidak menyarankan anda membuat website toko online secara gratisan, dikarenakan dapat memberikan kesan tidak terpercaya dan kurang profesional.

Penutup

Membuat toko online menggunakan nama brand aesthetic sebenarnya bukan hal yang sulit, khususnya untuk anda yang cukup melek dengan teknologi internet. Anda dapat mengikuti panduan cara buat website toko online yang kami bagikan di atas untuk mempermudah anda. 

Jika anda ingin pilihan yang lebih instan untuk proses buat website toko online, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan dari Garuda SEO, salah satu layanan SEO dan pembuatan website profesional dengan harga bersahabat yang berbasis di Jakarta.

Semoga ulasan tentang cara buat website toko online dapat bermanfaat, Jangan lewatkan artikel menarik lainnya dari kami dengan terus mengikuti jengsusan.com. Terima kasih.

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.