110 Daftar Backlink Gratis Terbaru + Cara Membuatnya

Daftar Backlink Gratis

Bagaimana cara membuat backlink untuk SEO? Bagaimana mendapat backlink dofollow berualitas? Artikel ini akan membahas tentang teknik, sekaligus mencantumkan 110 daftar sumber backlink gratis dari situs otoritas tinggi.

Ini dapat digunakan untuk strategi link building Anda.

Membuat backlink untuk strategi SEO terbaik, bukanlah ilmu sulap. Jadi, Anda jangan berharap itu dapat dilakukan sehari jadi. Apalagi, ketika berbicara tentang cara membuat backlink dofollow berkualitas dari situs otoritas tinggi. Jelas memiliki tantangan tersendiri. Apalagi untuk pemula.

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan 40+ daftar Backlink Dofollow Gratis. Dan ratusan daftar backlink no follow. Terlepas Anda berburu backlink do follow, itu bukan berarti backlink no follow tidak memberi dampak SEO. Ini akan kita jelaskan juga.

Pendahuluan

SEO telah berubah dari hari ke hari. Apa yang dulu dapat bekerja dengan baik, bisa jadi saat ini tidak.

Pembaruan algoritma Google, membuat mereka bertumbuh menjadi lebih pintar. Sehingga, cukup sulit untuk mencuranginya dan strategi backlink “black hat”. Seperti pembuatan backlink dengan metode spam.

Jadi, saat ini, kita harus bermain aman. Yakni menggunakan teknik link building yang tidak melanggar pedoman Google web master terbaru.

Saya pribadi masih suka dengan strategi Private Blog Network (PBN). Dengan alasan, saya memiliki kendali penuh terhadap backlink yang dibuat. Memang, teknik ini tidak banyak pakar SEO yang menyarankan. Karena rawan dan berbiaya mahal. Namun, jika Anda memahami cara membuat PBN dan memiliki dana untuk di investasikan, ini layak dipertimbangkan.

Dalam teknik backlink gratis ini, cara membangun backlink terbaik adalah melakukannya dengan cara manual, dan ditempatkan pada situs terpercaya dan memiliki otoritas yang baik.

Sejak pertama tulisan ini dibuat, saya secara rutin akan melakukan update. Dan menambahkan daftar backlink gratis, saat saya sumber baru yang menurut saya aman untuk strategi SEO Anda.

Kita selalu mendengar nasehat dari para pakar SEO, dimana jika ingin mendapat peringkat di Google, kita harus membuat backlink berkualitas. Termasuk tentang sumber backlink yang harus memiliki PR (PageRank) tinggi.

Istilah PageRank, mungkin saat ini tidak relevan lagi. Karena, Google memilih untuk tidak mempulikasikan informasi terkati PageRank sebuah situs. Sebagai gantinya, salah satu barometer ukuran kualitas situs adalah; Otoritas domain.

Otoritas domain, sebenarnya bukan nilai yang ditentukan oleh Google. Ini adalah nilai tidak resmi versi MOZ.

MOZ adalah perusahaan perangkat lunak yang biasa digunakan pakar SEO untuk melakukan semacam analisis SEO.

Otoritas Domain yang biasa disingkat menjadi DA, diukur berdasarkan berbagai faktor. Salahsatunya adalah kualitas dan kuantitas backlink situs itu sendiri.

Jadi, logikanya, saat Anda membangun backlink yang benar, maka secara otomatis otoritas situs Anda juga akan naik.  

Backlink adalah jenis tautan seperti pada umumnya. Backlink merujuk untuk istilah tautan yang berada pada situs orang yang mengarah pada situs Anda. Backlink juga sering disebut sebagai inbound link.

Istilah backlink ini, populer ditengah pakar SEO. Karena merekalah yang senantiasa berurusan dengan backlink dan bagaimana cara membuat dan mendapatkannya.

Banyak pakar SEO juga menginvesatsikan waktu dan biaya untuk membangun backlink yang baik. Dan jika Anda memahami cara membuat backlink berkualitas untuk SEO, itu artinya Anda juga memasuki tahapan sebagai pakar SEO.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih mendalam, maka teruslah membaca. Tulisan ini akan menjelaskan cara terbaik membuat backlink yang telah terbukti berhasil memeringkatkan situs kami.

Mari kita lihat lebih jauh

Manfaat backlink!

Link Building adalah salah satu bagian terpenting dari SEO. Backlink sangat diperlukan untuk menentukan peringkat situs. Kualitas dan kuantitas backlink dianggap sebagai sinyal utama untuk mengukur popularitas situs.

Tautan atau sebuah link, adalah jalur yang berfungsi untuk mengarahkan kita pada satu halaman ke halaman lain, baik dalam satu situs atau antar situs lainnya. Dan tautan juga dimanfaatkan oleh robot crawler mesin pencari untuk merayapi sejumlah besar website yang ada di dunia.

Dalam proses perayapan melalui link tersebut, robot crawler merekam data setiap halaman yang mereka lalui. Hasilnya berupa data base akan dibawa ke server mesin pencari. Data tersebut digunakan oleh algoritma mesin pencari untuk mengidentifikasi kandungan sebuah halaman website.

Sementara situs yang mendapat banyak tautan dari situs luar, akan diidentifikasi sebagai situs populer dan penting. Asumsinya, backlink adalah sinyal bahwa situs tersebut sering dibicarakan dan menjadi sumber rujukan terpercaya.

Jumlah dan sumber backlink ini juga yang kemudian digunakan oleh alat seperti MOZ untuk menentukan nilai otoritas sebuah situs.

Secara sederhana, manfaat backlink adalah;

  • Meningkatkan peringkat kata kunci.
  • Membantu dalam Meningkatkan DA (Domain Authority)
  • Meningkatkan Otoritas Halaman (PA)
  • Peningkatan lalu lintas rujukan.
  • Profil backlink alami membantu membangun brand yang kuat.

Dalam praktek SEO, backlink dikenal dalam dua bentuk paling umum. Yakni jenis do follow dan no follow.

Link Do Follow

Backlink do follow berfungsi untuk memberi tahu robot cwaler bahwa tautan tersebut layak untuk diikuti. Dan atau jenis tautan tersebut, dipercaya dan direkomendasikan oleh sumber backlink untuk diikuti oleh mesin pencari.

Secara default, backlink bersifat do follow. Artinya, jika backlink tidak diatur sebagai no follow, maka secara otomatis menjadi do follow.

Link No Follow

Sementara, backlink no follow berfungsi untuk memberi informasi pada robot crawler mesin pencari bahwa tautan tersebut tidak diikuti.

Tautan do follow dan no follow, diperkenal oleh Google pada tahun 2005. Ini sebagai cara bagi pemilik situs untuk mengatasi spam komentar dan tautan buatan yang digunakan oleh pelaku SEO black hat, untuk memanipulasi algoritma untuk mendapat peringkat.

Google juga mewajibkan nofollow untuk tautan berbayar atau bersponsor.

Namun, dalam prakteknya, tidak ada yang tahu apakah robot crawler benar-benar tidak mengikut jenis tautan no follow tersebut.

Faktanya, ada cukup banyak situs otoritas tinggi, secara default mengatur seluruh tautan keluar, bersifat no follow. Seperti Wikipedia misalnya. Pertanyaannya, apakah tautan dari situs besar itu tidak memberi dampak pada SEO?

Beberapa pakar SEO percaya bahwa tautan no follow, tidak memberi dampak pada SEO. Sementara, beberapa lagi, percaya bahwa tautan no follow tetap memberi nilai pada SEO.

Saya pribadi berpendapat bahwa, tautan no follow tetap memberi nilai SEO untuk sebuah situs. Sepanjang tautan tersebut bersumber dari situs otoritas dan berada pada konten yang berkualitas. Tautan yang mengarahk pada halaman yang relevan dan mampu memberi pengalaman yang baik pada pengguna, tetap berdampak pada nilai SEO.

Jadi, untuk strategi backlink building Anda, abaikan atribut no follow atau do follow, fokus pada kualitas konten dan situs sumber backlink itu sendiri. Hindari tindakan SPAM, karena algoritma mesin pencari tahu persis cara membedakan antara tulang dan daging!

Artibut Link UGC dan Sponsor

Belakangan, jenis tautan menjadi semakin berkmbang. Saat ini, selain tautan jenis no follow dan do follow, juga ada jenis UGC (user-generated content) dan Sponsor.

Sesuai dengan namanya, Atribut UGC adalah sinyal tautan pada konten yang dibuat oleh pengguna, bukan pemiliki situs/admin. Posting yang dibuat oleh pengguna di situs forum atau komunitas, sebaiknya diatur dengan atribut UGC.

Beberapa publisher memanfaat jenis tautan UGC untuk tautan pada kolom komentar.

Ada bacanyak cara membuat backlik do follow untuk mengoptimasi situs bisnis Anda. Beberapa menggunakan layanan penyedia jasa backlink permium. Sayangnya, cara ini mengharuskan Anda untuk menganggarkan sejumlah uang. Terkadang dalam jumlah yang cukup banyak. Apalagi untuk mendapat backlink dari situs otoritas tinggi.

Beberapa situs besar, Anda bahkan harus membayar dengan jumlah ribuan dollar.

Cara Membuat Backlink Do Follow

Namun, artikel kita kali ini, bukan tentang cara membeli backlink yang mahal itu. Melainkan, cara membuat backlink do follow gratis dari situs otoritas tinggi. Dan tentunya, saya telah menyiapkan beberapa sumber backlink yang dapat Anda jangkau sekarang juga. 100% gratis!

Setiap situs sumber backlink mungkin menerapkan aturan berbeda, antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu, Anda ikuti instruksi masing-masing web dengan baik dan benar.

Tidak ada biaya apa pun yang perlu Anda keluarkan. Yang penting ada akses internet dan alat kerja seperti laptop. Kuncinya, sabar dan konsisten untuk membuat backlink dari satu situs ke situs lain yang menyediakan laman untuk Anda pasang backlink yang mengarah ke situs Anda.

Sekarang saatnya Anda mulai berburu backink gratis do follow!

1 # MICROSOFT

Siapa yang tidak kenal Microsoft. Ini adalah salah satu perusahaan besar dunia. Situs Microsoft memiliki Otoritas domain (DA) 100. Ini adalah situs otoritas tinggi. Jika Anda mengoptimasi situs melalui strategi backlink building, pastikan untuk mendapat backlink dari sini secara gratis.

Saya tidak menjanjikan peringkat Anda langsung naik begitu saja saat mendapat backlink dari sini. Namun, saat backlink dari Microsoft di indeks Google, itu akan memberi juice yang berkelas.

Bagaimana cara membuat backlink do follow dari situs Microsoft? Itu sangat mudah, Anda cukup membuat akun dan memasukkan deskripsi tentang situs Anda di sana. Contoh: akun SEO Expert Garuda Website

Microsoft juga akan memberi 5 slot untuk ruang tautan di profil Anda, jika aktif menjadi kontributor di sana. Caranya, Anda menjawab pertanyaan dari pengguna lain. Jawaban Anda harus bermanfaat, sehingga pengguna disana memberi tanda sebagai terbantu. Anda akan mendapat lencana. Untuk lebih jelasnya, bisa baca disini: MCC: Content Creator badge

Cara membuat backlink di Microsoft:

  • Ikuti tautan ini dan buat akun baru. Ikuti setiap instruksi yang diberikan. Termasuk mencantumkan email asli yang akan digunakan untuk mengkonfrimasi bahwa Anda bukan robot. Ini hanya akan memakan waktu sekitar 30 detik.
  • Sekarang masuk ke bagian profil.
  • Temukan bagian tautan, Tambahkan tautan Anda dengan teks tautan seusai dengan kata kunci yang Anda ingin targetkan.
  • Simpan
  • Selamat, Anda telah selesai membuat backlink PR 10 secara gratis.

2 # GOOGLE PLUS

Google Plus adalah situs sosial yang dimiliki oleh Google. Ini mirip facebook. Kita bisa mendapatkan backlink dari Google plus dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Masuk ke Google Plus dengan menggunakan Id Gmail Anda.
  • Sekarang buat halaman baru untuk blog Anda.
  • Anda harus memverifikasi halaman Anda.
  • Tambahkan tautan Anda di bagian url dan simpan.
  • Anda telah membuat backlink dofollow lain dari google plus.

Sayangnya, layanan Goole Plus sudah di tutup oleh pihak Google. Jadi, Anda tidak bisa membuat akun disana.

3 # Storify

Storify adalah situs otoritas tinggi. Anda bisa mendapatkan backlink do follow gratis dari Storify dalam waktu 2 menit.

Cara membuat backlink dari Storify:

  • Buka browser dan akses web http://storify.com
  • Buat akun baru.
  • Terkadang Anda harus mengikuti 2, 3 kategori.
  • selanjutnya masuk ke bagian profil.
  • Di slot situs web, Masukkan tautan mengarah ke situs anda.
  • Simpan! Dan jadilah backlink itu.

Itu dia. Storify belakangan telah menutup layanan tersebut. Tapi, sebagai gantinya, Strofy merekomendasikan situs sejenis. Nama situs nya; wakelet.com

Lihat, sebagai pemburu backlink, saya telah memiliki akun disana: Dedi Ariko

Satu lagi link dari situs otoritas tinggi sudah siap.

4 # YOUTUBE

Youtube adalah situs komunitas tempat orang-orang berbagi video. Juga masuk dalam salah satu search engine terbesar di dunia. Jelas Youtube memiliki DA tinggi. Anda bisa mendapatkan backlink gratis di Youtube.

Cara membuat backlink di Youtube cukup sederhana. Ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Youtube dan login dengan menggunakan akun Google Anda.
  • Lalu, buat channel baru.
  •  Arahkan Pengaturan Saluran Lanjutan >> Associated Website..
  • Di sini tambahkan backlink untuk situs Anda.
  • Verifikasi dan simpan.

Anda telah membuat backlink berkualitas tinggi dari youtube. Anda bisa menempatkan beberapa tautan di halaman “about”. Lihat contohnya: Disini

5 # REDDIT

Reddit adalah satu situs komunitas populer di Dunia. Dan entah kenapa, Indonesia memblokir situs satu ini. Anda bisa membuat backlink do follow secara gratis di Reddit. Tapi, Anda harus aktif dan membuat posting yang mampu menarik perhatian dan reaksi banyak orang. Istilah disana, Anda harus banyak karma.

DA Reddit mencapat angka 90. Ini sangat tinggi. Ikut langkah-langkah berikut untuk mendapat backlink gratis dari Reddit.

  • Karena Reddit di blokir pemerintan, Anda dapat mengaktifkan VPN. Lalu,
  • Buat akun baru di Reddit.
  • Sekarang buka subreddit buat posting dan tautan Anda.

Anda harus meningkatkan karma tautan untuk mendapatkan backlink dollow dari situs ini.

6 # COPYRIGHTED

Cara mendapatkan backlink gratis dari copyrighted, tidak sulit. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Kunjungi copyrighted.com dan buat akun baru disana.
  • Lalu, masuk ke bagian “Copyright My Work”
  • Tambahkan link situs Anda
  • Biasanya, Anda harus untuk memverifikasi kepemilikan situs. Dimana di minta untuk mengupload script HTML di root domain situs Anda.
  • Selanjutnya, simpan dan click tombol verifikasi.
  • Selesai.
Daftar backlink gratis

Dalam satu akun, Anda bisa mendapatkan lebih banyak backlink dari situs ini. Anda hanya perlu menambah situs baru atau halaman baru. Contoh backlink pada situs dapat dilihat dalam bentuk sertifikat copyrighted: Iikuti Link ini.

7 # DEVIANARTS

DEVIANARTS, DA 92 dan PR 8. Untuk mendapatkan backlink gratis dari situs otoritas ini, buat akun baru. Kemudian bagikan gambar apa pun dengan tautan blog Anda. Sangat mudah. Anda akan langsung mendapat backlink gratis berkualitas SEO. Dalam hitungan detik.

Anda juga dapat membuat posting blog dan menanamkan backlink berkualitas tinggi disini. Langsung ke TKP saya lihat ini:

Contoh posting artikel: Apa itu SEO

8 # ALLTOP.COM

AllTop masuk dalam daftar sumber backlink gratis otoritas tinggi. Lihat! PR6, DA 78 dan PA 82. Itu sangat manis sekali untuk SEO Anda. Tetapi Anda membutuhkan blog berkualitas untuk mendapatkan lima tautan balik do follow dari AllTop.com

  • Kunjungi http://alltop.com/
  • Buat akun baru.
  • Sekarang buka lagi http://alltop.com/submission/
  • Isi semua detail yang dibutuhkan
  • Simpan.

Contoh halaman feed: Dedi’s AllTop page

Daftar Backlink Do Follow

9 # NEWSVINE

Ini adalah situs berbagi berita, tetapi Anda dapat menulis apa pun di sini. Sebagai imbalannya, Anda juga dapat membuat backlink dofollow DA 91 secara gratis. Cukup bergabung dan bagikan tautan.

Update: Terakhir saya lihat Newsvine.com di redirect ke nbcnews.com. Jadi lewatkan saja yang satu ini. Saya belum ketemu cara bikin backlink di nbcnews hehehe..

Redirect 301

10 # IMFACEPLATE

Di daftar backlink do follow gratis, faceplate IM juga tercantum. Situs DA 35, PR 5. Status yang tidak terlalu tinggi. Tetapi Anda bisa mendapatkan link do follow. Ini sangat manis.

  • Buat akun baru.
  • Sekarang verifikasi Anda Email.
  • Tulis 200+ kata sederhana dan gunakan tautan blog utama Anda.
  • Selesai.

Update: Situs sudah redirect kehalaman lain. Lewakan saja yang satu ini.

11 # CheaperSeeker

CheaperSeeker adalah situs kupon yang cukup popluer. DA 36. Untuk membuat backlink gratis disini, cukup harus membuat akun baru. Kemudian tambahkan link blog Anda di bagian bio.

Jadinya akan seperti ini: cheaperseeker.com

12 # MEDIUM

Hampir saja lupa, Medium adalah target sumber backlink gratis yang berkualitas. Jangan lewatkan situs komunitas satu ini. Memang, Anda akan mendapat backlink no follow. Tapi otoritas dan popularitas situs ini sangat luar biasa.

Cara mendapat backlink gratis dari Medium:

Cukup mudah untuk membuat akun di Medium. Dan hal utama yang perlu dipersiapkan adalah konten berkualitas tinggi. Karena, posting disana berpotensi mendapat peringkat. Ini bisa memberi Anda juice link hebat dan traffic rujukan berkualitas.

Contoh akun di Medium

  • Kunjungi situs Medium
  • Buka Bagian Akun.
  • Isi bio Anda.
  • “Submit my Blog” jika Anda ingin posting artikel
  • Tambahkan detail blog Anda
  • Simpan.

13 # SPLASHTHAT

SplashThat dapat Anda jadikan sebagai sumber backlink gratis. DA 63 dan PR 5. Carra membuat backlink di situs ini cukup mudah. Buat akun dan pasang pengumuman.Selanjutnya, Anda akan membuat halaman.

Anda dapat melihat contoh disini: Free Guest Post

  • Buat akun baru.
  • Buat acara baru.
  • Buat backlink mengarah kesitus Anda.
  • Simpan

14 # FORUM WORDPRESS

Kita semua tahu wordpress adalah situs popular yang memiliki otoritas tinggi. Tetapi hanya sedikit yang tahu tentang forum dukungan WordPress. Kita bisa membuat backlink gratis dari WordPress. Ini jelas memiliki kualitas tinggi.

Tips penting, setelah membuat akun, isi bio Anda. Disana Anda dapat menempatkan deskripsi singkat tentang aktivitas atau topik situs Anda. Lihat contoh: Backlink Building Strategy

Cara mendapat backlink dari wordpress terbilang sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka https://wordpress.org/support/
  • Sekarang buat akun baru.
  • Anda harus memverifikasi email Anda.
  • Setelah verifikasi, Login ke Forum WordPress.
  • Buka bagian Profil dan tambahkan tautan blog Anda.
  • Simpan! Lalu menarilah. Satu koleksi backlink telah menjadi milik Anda.

15 # DROPSHOTS

Dropshots adalah situs berbagi gambar. DA-nya 50, ini cukup tinggi. Untuk mendapatkan tautan dofollow gratis, ikuti poin-poin berikut.

  • Daftar akun baru.
  • Sekarang Bagikan gambar baru. Jangan lupa tautkan url Anda di sini.
  • Sekali lagi pergi ke bagian komentar dari gambar itu.
  • Lalu komentari dan buat link menuju blog Anda.

Sayangnya, dari hasil check terakhir, pada December 31, 2020, situs ini sudah di shut down. Artinya, tidak tersedia lagi.

Daftar backlink gratis

16 # CODECADEMY

Codecademy adalah tempat berbagi pengalaman web developer. Mulai dari Coding hingga HTML dan lain. Anda bisa membuat tautan di situs ini. Cukup membuat akun dan isi bio dan URL situs.

  • Buka CodeCademy dan buat akun.
  • Buka profil dan tambahkan backlink untuk situs Anda.

17 # TELEGRA.PH

free authority backlinks

Telegra.ph adalah situs dimana Anda dapat memposting apa pun dan kapan pun. Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang apa itu telegra. Tapi, jika Anda mencari backlink gratis, situs ini bisa menjadi target Anda.

Contoh:

Cara membuat backlink dofollow gratis disini cukup muda. Tulis artikel keren sekitar 500 kata, lalu posting disana. Jangan lupa, buat tautan yang mengarah pada situs Anda.

Anda tidak berkewajiban membuat akun. Tidak perlu verifikasi atau apa pun. Silahkan langung meluncur ke sini: telegra.ph

18 # LIST.LY

LIST.LY adalah situs dimana Anda dapat berbagi posting favorit Anda. Situs ini memiliki DA 68. Anda juga dapat memperoleh backlink berkualitas disini. Lihat contohnya: list.ly

Caranya membuat backlink di list.ly cukup sederhana; , sederhana:

  • Buat akun
  • Isi bio secukupnya. Mungkin dalam bentuk deskripsi singkat tentang situs Anda.
  • Tempatkan tautan mengarah kesitus Anda.
  • Simpan.

19 # DAILYGRAM

Dailygram adalah situs tempat berbagi tentang apa pun. Ini cenderung mirip dengan media sosial. Anda dapat memposting tulisan disana. Dan point penting, Anda juga dapat menempatkan tautan yang mengarah ke situs Anda.

Cara membuat backlink di Dailygram gampang, bikin akun dan buat tautan untuk SEO Anda. Contoh: DailyGram

  • Buat akun baru .
  • Tambahkan link blog Anda di bagian bio.
  • Posting Artikel
  • Selesai.

20 # HPAGE.COM

HPAGE.COM adalah situs otoritas tinggi yang bisa menjadi sumber backlink do follow Anda. Disini cukup rumit, Anda diharuskan membuat akun dan membangun semacam landingpage atau blog. Tapi, untuk pejuang SEO, Anda seharusnya berpantang mundur.

Lihat contoh barang jadinya: Garuda Business

Cara membuat backlink di HPAGE.COM:

  • Kunjungi hpage.com
  • Buat akun
  • Ikuti seluruh intsruksi
  • Anda akan mendapat halaman dalam bentuk sub domain
  • Posting artikel dan buat tautan yang mengarah kesitus Anda.
  • Selesai

21 # DMOZ (TIDAK AKTIF LAGI)

Ini sebenarnya sumber backlink hebat. Tapi sayangnya, sudah tidak aktif lagi. Jadi lewatkan saja.

22 # SCOOP.IT

Scoop.it adalah situs berbagi dan bookmark sosial. Untuk mendapatkan backlink dofollow dari Scoop sangat mudah, cukup buat akun baru. Kemudian bagikan tautan blog Anda di Scoop. Anda akan mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Contoh: https://www.scoop.it/

23 # IMGUR.COM

IMGUR.COM adalah situs tempat Anda bisa memposting gambar. Anda bisa mendapat backlink otoritas dari situs ini. Backlink situs ini bersifat nofollow. Tapi ini pasti akan memberi dampak SEO. Jadi, jangan lewatkan.

Tidak sulit untuk mendapat backlink dari IMGUR. Anda cukup membuat akun dan memposting sebuah gambar. Lalu, berkomentarlah pada gambar yang Anda posting. Jangan lupa, buat tautan yang mengarah ke situs Anda. Ini contohnya: IMGUR.COM

24 # SAMSUNG

Apakah ada yang belum tahu Samsung? Ini adalah perusahaan yang memproduksi berbagai kebutuhan masyarkat Modern. Mungkin Handphone yang Anda pegang, mereknya Samsung, Hohoho..

Jelas, situs ini memiliki otoritas yang sangat tinggi. Jadi, mendapat backlink dari situs resmi Samsung adalah penting, jika Anda ingin meningkatkan SEO situs bisnis Anda.

Cara membuat backlink di situs forum Samsung:

Setelah membuat akun, Anda sebaiknya melengkapi deskripsi singkat tentang situs Anda. Perkenalkan diri Anda pada komunitas dengan mengisi daftar bio yang disediakan. Jangan lupa, tempatkan tautan yang mengarah ke situs Anda.

Dengan melengkapi biodata, Anda akan mendapat lencana Autobiografe. Pada kolom “About” Anda bisa membuat deskrispsi dan kembali menempatkan beberapa backlink. Jadi lakukan itu. Contoh: Forum Samsung

Cara membuat backlink
  • Buka http://developer.samsung.com/forum
  • Buat akun baru.
  • Buka bagian profil.
  • Tambahkan tautan Anda dan simpan.

25 # INSTRUCTABLES.COM

Instructables adalah situs yang memungkinkan Anda menjelajah dokumen dan berbagai kreasi menarik. Dan yang lebih menarik, Anda dapat membuat akun dan menempatkan link yang mengarah situs Anda. Point pentingnya adalah backlink, jadi segeralah kesana.

Cara membuat backlink di INSTRUCTABLES.COM

  • Kunjungi instructables.com
  • Buat akun
  • Lengkapi bio dan jangan lupa pasang tautan blog Anda.
  • Selesai.

Jadi, ini daftar 25 backlink otoritas tinggi yang dapat digunakan saat Anda ingin membuat backlink untuk situs Anda. Tidak semua do follow, sebagian adalah nofollow. Tapi, apa pun atributnya, fokus lah pada kualitas.

26 # GRAVATAR.COM

Jika Anda pengguna WordPress, Anda mungkin perlu berhubungan dengan gravatar.com. Ini adalah tempat membuat photo profil pengguna.

Seperti ini:

Profil Pengguna

Nah, selain sebagai tempat mengatur gambar profil pengguna, di akun tersebut, Anda dapat memasang tautan situs Anda. Jadi manfaatkanlah. Ini contohnya: Gravatar Garuda Website.

Caranya:

  • Buat akun ke sini gravatar.com
  • Click Created your own gravatar
  • Isi data diri di form yang telah tersedia
  • Verifikasi situs melalui email yang digunakan untuk mendaftar.
  • Selesai..

Setiap mendapat sumber backlink baru, saya biasanya menyimpannya dalam sebuah dokumen. Dan pada kesempatan ini, saya ingin berbagai pada Anda. Anda dapat mengakses dokumen backlink gratis saya.

Inilah daftar backlink gratis itu:

“Web 2.0 adalah revolusi bisnis dalam industri komputer yang disebabkan oleh perpindahan ke internet sebagai platform, dan setiap upaya untuk memahami aturan kesuksesan pada platform baru tersebut.”

 Tim O ‘Reilly.

Konsep di balik Web 2.0 mengacu pada fitur aplikasi web yang kaya, dimana arsitektur berorientasi web, dan web sosial. Ini mengacu pada perubahan dalam cara menggunakan halaman web itu sendiri. Dimana dirancang dan digunakan oleh pengguna, tanpa ada perubahan dalam spesifikasi teknis apa pun.

Intinya, Web 2.0 dibuat untuk dapat digunakan oleh penguna untuk saling berbagi. Point pentingnya dalam strategi backlink building, Anda dapat membuat konten dan menempatkan backlink yang mengarah kesitus Anda.

Berikut adalah daftar Web. 2.0 untuk sumber backlink gratis Anda.

No.SITUSDA
1https://wordpress.com93
2www.blogger.com99
3www.tumblr.com88
4www.weebly.com93
5www.wikidot.com84
6www.strikingly.com91
7www.cabanova.com81
8www.yola.com83
9https://wallinside.com91
10www.own-free-website.com83
11www.over-blog.com92
12https://hatenablog.com94
13https://justpaste.it84
14https://sites.google.com95
15www.soup.io95
16https://webnode.com37
17https://page4.com58
18https://kinja.com91
19https://www.itechgyan.com/write-for-us/40
20http://ampblogs.com89
21www.zumvu.com58
22www.simplesite.com91
23www.smore.com84
24www.wix.com93
25http://ampedpages.com89
26www.kiwibox.com91
27https://evernote.com92
28https://www.skyrock.com99
29http://zoomshare.com75
30www.spruz.com68
31http://pen.io94
32www.hpage.com78
33www.jimdo.com69
34http://mee.nu74
35https://telegra.ph90
36www.facecool.com77
37www.emyspot.com77
38www.blogrip.com64
39https://bananabook.net45
40https://dailygram.com62
41www.cross.tv59
42www.bloglovin.com93
43www.eklablog.com92
44www.doodlekit.com72
45https://finaca.com32
46www.aircus.com83
47https://postach.io61
48http://all4webs.com87
49http://olanola.com37
50http://booklikes.com56
51www.merchantcircle.com72
52http://mee.nu50
53http://minimore.com40
54https://micro.blog49
55https://mamby.com31
56www.ucraft.com49
57www.flazio.com52
58www.constantcontact.com90
59http://www.website2.me47
60https://nethouse.me36
61https://we.riseup.net64
Setiap Web 2.0 yang ada dalam daftar ini, memiliki tujuan dan aturan yang mungkin berbeda. Jadi, ikuti apa yang telah ditentukan.

Local Classifieds Sites adalah situs dimana Anda dapat menempatkan iklan untuk pemasaran bisnis Anda. Dalam SEO ada beberapa situs selain mempublikasi iklan, juga memungkinkan untuk menempatkan tautan.

Pointnya sudah dapat, tautan yang dapat Anda gunakan sebagai sumber backlink. Jadi, mainkan saja…

  • www.freeadstime.org
  • www.wallclassifieds.com
  • www.giganticlist.com
  • www.h1ad.com
  • www.advertiseera.com
  • www.findermaster.com
  • www.classifiedsfactor.com
  • www.rectanglead.com
  • www.superadpost.com

Microblogging adalah website yang dibuat dalam bentuk media siaran online. Hadir dalam bentuk blogging tertentu. Mikro-blog sedikit berbeda dari konsep blog pada umumnya. Karena, pengguna dapat mempublikasi konten dalam bentuk yang singkat dan sederhana.

Konten biasanya lebih kecil, dapat berupa file dalam ukuran aktual dan agregat. Mikro-blog “memungkinkan para pengguna untuk bertukar elemen terkecil dalam bentuk konten. Seperti kalimat pendek, gambar individu, atau tautan video”.

Nah.. ketika Anda berbagai konten, Anda dapat juga menempatkan tautan ke situs Anda. Itu artinya, Anda dapat membuat backlink untuk SEO.

Berikut, daftar situs Microblogging yang dapat digunakan untuk sumber backlink Anda itu;

No.SITUSDA
1Tumblr.com88
2https://posteezy.com40
3https://ello.co79
4https://traiborg.com38
5https://www.apsense.com72
6Twitter94
7https://www.instapaper.com85
8https://www.reddit.com90
9https://www.scoop.it92
10Pinterest.com94
11https://www.pearltrees.com86
12https://getpocket.com91
13plurk.com88
14http://ttlink.com53
15http://scoophot.com41
16https://oyepin.com22
17https://www.unitymix.com38
18https://uniquethis.com45
19https://switter.at45
20https://www.okeynotes.com33
21http://www.soup.io89
22https://flipboard.com89
23https://voat.co65
24https://vk.com96
25https://www.ipinit.in31
26p-tweets.com38
27www.giikers.com31
28plerb.com45
29mee.nu50
30micro.blog49
31wibki.com38
32start.me57
33symbaloo.com67
34woddal.com40
35https://twit.social22
36bagtheweb.com52

Beberapa situs otoritas tinggi menyediakan tempat untuk membuat akun dan deskripsi profil Anda. Nah, sebagian memungkinkan Anda menempatkan tautan situs pribadi Anda. Jadi, itu adalah kesempatan Anda untuk menjadikannya sebagai sumber backlink.

Monggo, langsung ke KTP:

No.SITUSDA
1https://social.msdn.microsoft.com/99
2https://500px.com85
3https://comicvine.gamespot.com92
4https://myanimelist.net88
5https://www.codecademy.com86
6https://pbase.com85
7http://www.cplusplus.com68
8https://www.sbnation.com90
9http://ch.mathworks.com84
10http://mootools.net68
11https://itsmyurls.com76
12https://speakerdeck.com85
13https://in.wantedly.com66
14http://ecastats.uneca.org66
15http://www.bonanza.com71
16http://kbforum.dragondoor.com54
17https://forum.cs-cart.com55
18http://teamacclimates.esportsify.com50
19https://www.kiva.org80
20https://forums.prosportsdaily.com58
21http://www.smackjeeves.com65
22http://photozou.jp62
23http://asmtm.esportsify.com50
24http://washersanddryersdesire.esportsify.com50
25http://wallpaperstock.net79
26https://www.sharecg.com51
27http://doodleordie.com/48
28https://www.producthunt.com/87
29http://wg.wonderopolis.org/75
30https://laracasts.com/55
31https://www.myminifactory.com/66
32https://forum.singaporeexpats.com/49
33https://cycling74.com/71
34http://kingsesportsclub.esportsify.com/50
35http://appsplit.com/48
36https://contently.com/77
37http://www.supportduweb.com/53
38https://sharetv.com/65
39https://repl.it/62
40https://browser.geekbench.com/84
41https://www.mapmywalk.com/58
42https://experiment.com/64
43https://www.tetongravity.com/69
44http://sonicsquirrel.net/48
45http://learn.smc.edu.ng/35
46http://www.heromachine.com/51
47http://www.webestools.com/57
48https://www.chordie.com/53
49https://triberr.com/54
50https://snapguide.com/67
51https://minecraft-mp.com/50
52https://forums.factorio.com/60
53http://26403.dynamicboard.de/41
54http://www.musicrush.com/34
55https://www.hackathon.io/47
56http://www.rohitab.com/53
57https://growthhackers.com/65
58http://everplaces.com/55
59https://www.wibki.com/37
60http://forums.mediabox.fr/44
61https://forum.kryptronic.com/42
62http://ttlink.com/55
63https://www.fimfiction.net/73
64http://archeslocal.org.uk/36
65http://rosalind.info/47
66https://guides.co/49
67https://thimpress.com/48
68http://www.diggerslist.com/42
69https://www.snapwi.re/53
70https://www.chihuahua-people.com/36
71https://ello.co/79
72https://www.youracclaim.com/55
73http://www.anphabe.com/35
74https://devnet.kentico.com/58
75https://blip.fm/62
76https://www.midi.org/56
77https://forum.teamspeak.com/77
78https://www.photographers.com.au/32
79http://micro.blog/47
80https://expo.io/54
81https://forum.copadata.com/44
82http://forums.techsoup.org/74
83https://sharemylesson.com/56
84http://forum.battlefleetgothic-armada.com/47
85http://blog.sivanaspirit.com/51
86http://tale-of-tales.com/forum/60
87http://wg.wonderopolis.org/75
88http://fishsniffer.com/forums/46
89https://froont.com/50
90https://www.tetongravity.com/community/69
91https://amara.org/71
92http://team-dignitas.net/62
93http://rosalind.info/47
94https://nationaldirectory.com.au/32
95http://storium.com/43
96http://bcmoney-mobiletv.com/40
97https://www.jovoto.com/57
98http://www.hislibris.com/foro-new/50
99https://snapguide.com/67
100http://czechtribe.com/42
101https://weheartit.com/78
102https://community.ibm.com/community/93
103https://www.yumpu.com/86
104https://sketchfab.com/85
105http://www.abstractfonts.com/60
106https://community.today.com/92
107https://www.pexels.com/93

Daftar Situs Forum Submission

Forum adalah situs dengan konsep yang memungkinkan pengguna memposting konten dan membuat akun. Sebagian besar forum membebaskan Anda membuat tautan pada konten yang dibuat.

Forum adalah sumber backlink yang cukup mudah untuk di jangkau. Namun, Anda perlu memilih forum yang relevan dan tentunya memiliki otoritas tinggi.

Saya telah mengumpulkan beberapa daftar forum yang dapat menjadi target sumber backlink gratis Anda.

No.SITUSDA
1praktikum-singapur.de28
2treehouseguide.net53
3g2gmandate.org12
4bharatmoms.com48
5skem9.com43
6rockhousemethod.com37
7www.betreut24.ch32
8bicyclebuddy.org44
9p-tweets.com51
10www.foroseguridad.net33
11www.eurekavideo.co.uk59
12submitexpress.com79
13l2-galvano.xobor.de74
14audiogl.com38
15zeropointvoid.com55
16techguy.org67
17nairaland.com78
18pramukiyyun.net58
19piotrexkoszalin.pl59
20www.jotform.com86
21websitetoolbox.com24
22www.powersellersforum.com34
23www.amoebastudios.com25
24seafoxowners.com61
25smcsecuritystudents.com60
26guildwork.com80
27www.bleepingcomputer.com82
28www.commentcamarche.net84
29forum.zive.cz67
30www.webmastersun.com42
31v7n.com/forums59
32www.warriorforum.com75
33proudnaira.com30
34www.easypano.com52
35velobase.com46
36bbs.itel-mobile.com63
37luminosity.gg38
38teamfragdown.com33
39afterdarkesports.com29
40mellencamp.com51
41forumcrea.com71
42czechtribe.com53
43pcmaster.gr42
44openanthcoop.net52
45bayareaesports.com26
46netduma.com39
47www.visajourney.com54
48www.igre123.com53
49http://treehouse.ofb.net54
50https://forums.boxofficetheory.com/45
51http://jfkdebate.com16
52https://hackintosher.com36
53https://www.bollyshake.com34
54https://forums.ubisoft.com92
55https://forums.pangolin.com/50
56https://plantspace.org21
57http://discussions.copiny.com45
58https://comunidad.tecnogaming.com/45
59https://www.interserver.net/forum/65
60https://forums.att.com/91
61https://pixarplanet.com/forums/59
62http://vexx.esportsify.com49
63https://thesanguy.com28
64http://forums.wandboard.org/41
65https://forum.a2zrom.com/21
66http://www.eventtribe.com/21
67http://www.rclegends.co.uk/discussions31
68https://forum.updato.com/62
69http://gradegov.com/forum/29
70https://serato.com/forum66
71https://forum.audiogon.com/54
72https://jabiru.net.au/community/34
73https://www.cakecentral.com/forum67
74https://forum.mojogamestudios.com33
75https://www.hebergementweb.org/threads/36
76https://brooklynne.net/forum/47
77http://80scartoons.net/forum/43
78https://nerdyshow.com/nerdyforums/48
79https://hoomet.com/forums/31
80https://caribbeanfever.com/forum/37
81http://naijask.com22
82http://www.shadowville.com/board39

Kesimpulan

Apakah Anda melihat bahwa daftar backlink gratis yang saya buat, jumlahnya jauh lebih banyak dari yang ada di judul. Dimana hanya 110! Itu terjadi karena, saya akan terus menambah daftar sumber backlink ini setiap mendapat sumber baru.

Ini adalah data base sumber backlink yang biasa saya gunakan untuk mengoptimasi situs. Daftar ini bernilai sangat tinggi. Di pasar global dan beberapa market place besar, backlink-backlink tersebut dijual dengan harga cukup tinggi.

Tidak perlu berterimakasih, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat dan membantu, mohon bantu share di media sosial. Biar yang lain, jadi tahu juga.

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.